ANIME REVIEW : Noragami

ANIME REVIEW : Noragami

Hi semuanya! Apa kabar nih? Jika pada postingan sebelumnya, aku telah menulis review tentang anime 91 Days. Maka pada kesempatan kali ini, aku ingin menulis review tentang anime Noragami.

(Peringatan! Sebelumnya aku mau minta maaf! Karena mungkin review ini akan berisi spoiler! Dan semua yang aku tulis ini merupakan pendapat pribadiku mengenai Anime ini).


Judul: Noragami
Tipe: TV
Jumlah Episode: 12
Rilis: Winter 2014
Genre: Action, Adventure, Supernatural, Shounen
Rating: PG-13 (Teens 13 or older)
Studio: Bones
Sumber: Manga
Score: 8.16

Sebetulnya, aku udah tau anime ini sejak baru di rilis tahun 2014 lalu. Tapi kenyatannya, aku baru bisa nonton animenya baru-baru ini. Itu pun karena penasaran banget sama Yato yang gambarnya selalu bertebaran setiap aku buka Tumblr tentang anime. Dan yeah~ Aku ga nyesel kok nonton anime ini. Malah bikin ketagihan. Wkwk 😁



SINOPSIS

Pada saat dibutuhkan, jika anda melihat di tempat yang tepat. Anda mungkin akan melihat nomor telepon aneh yang ditulis dengan warna merah. Jika Anda memanggil nomor ini, maka anda akan mendengar seorang pemuda mengenalkan dirinya sebagai Dewa Yato.

Yato adalah dewa kecil dan memproklamirkan diri sebagai "Dewa Pesan Antar". Ia bermimpi untuk memiliki jutaan pengikut. Namun, tujuannya itu benar-benar jauh dari realisasi. Karena tidak ada satu tempat suci yang didedikasikan untuk namanya. Untuk mewujudkan mimpinya itu, Yato pun mulai menghabiskan hari-harinya dengan melakukan pekerjaan serabutan seharga lima yen. Bahkan sampai rekan senjatanya menjadi muak dengan tuannya yang tidak berguna dan menghindarinya.

Hingga pada suatu hari, Yato bertemu dengan seorang gadis SMA bernama Iki Hiyori, yang seharusnya menyelamatkan Yato dari sebuah kecelakaan mobil. Keduanya bisa terselamatkan. Namun kejadian tersebut telah menyebabkan jiwa Hiyori menjadi sering terlepas meninggalkan tubuhnya. Hiyori menuntut agar Yato mengembalikannya seperti semula. Tapi setelah mengetahui bahwa Yato memerlukan senjata baru untuk melakukannya. Akhirnya Hiyori pun setuju untuk membantu Yato.

KARAKTER

Di anime ini, karakter favoritku adalah Yato. Alasan aku tertarik dengan Yato, karena menurutku karakternya itu sangat unik.


Jadi... Diceritakan bahwa Yato adalah seorang dewa rendahan yang miskin, tidak terkenal, tidak punya kuil dan selalu tampak mengenakan pakaian olahraga, layaknya seorang manusia biasa. Pokoknya, menurutku penampilan si Yato ini terlihat benar-benar tidak mendukung sama sekali. Apalagi kalau dibandingkan dengan penampilan dewa lainnya yang juga muncul di dalam anime ini. Makanya tidak heran, kalau banyak orang di anime ini yang engga percaya kalo Yato itu seorang dewa. Dan satu lagi, karena Yato ga punya kuil sendiri. Makanya kalo tidur, dia suka numpang di kuil milik dewa lain 😁


Karakter Yato itu lucu, periang, tapi kadang juga menyebalkan. Meskipun begitu, Yato itu dulunya punya sisi gelap. Bahkan ada rumor yang beredar, kalau Yato itu pernah membunuh harta suci. Sejujurnya aja, rumor ini sempat bikin aku penasaran dengan masa lalunya Yato. Karena sosok Yato yang dikatakan di rumor tersebut, berbeda banget dengan sisi yang ditunjukkan oleh Yato saat ini. Karena kalau saat ini, Yato itu lebih terlihat cute dan baik.


Yato sebenarnya ga punya banyak pengikut seperti dewa lainnya. Bahkan, bisa dibilang kalau Hiyori adalah manusia pertama yang terlihat dekat dengan Yato. Dan dari sinilah, Yato memiliki beberapa impian. Misalnya saja, Yato ingin selalu diingat oleh banyak orang, ingin memiliki banyak pengikut dan tentu saja ia ingin memiliki sebuah kuil. Menurutku impiannya itu lumayan banyak, namun sebenarnya cukup sederhana. Tapi tetap saja, beberapa impiannya itu sulit untuk terwujud, jika melihat keadaannya yang sekarang.

Maka dari itu, Yato pun mulai membuka sebuah jasa dengan cara menyebarkan nomor teleponnya. Yato selalu berusaha untuk menerima dan mengabulkan semua permintaan manusia yang memohon kepadanya. Syaratnya? Cukup dengan memberinya koin 5 yen, maka permohonan akan segera terkabulkan. Nah, nantinya koin yang Yato dapatkan itu, bakalan dia tabung. Rencananya sih uangnya akan dipakai untuk membangun sebuah kuil. Itu baru rencana ya. Tapi kenyataannya, uang itu suka Yato pake buat beli barang-barang yang sebenernya engga terlalu penting. Makanya terkadang, harta sucinya Yato suka kesal sama dia. lol 😄



Untuk karakter dewa di anime ini, bukan cuman Yato aja. Melainkan, ada empat karakter dewa lainnya yang juga muncul di anime ini. Tenjin, Bishamon, Kofuku dan Rabou. Tenjin dikenal sebagai Dewa Pembelajaran, Bishamon dikenal sebagai Dewi Perang, Kofuku dikenal sebagai Dewi Kesialan, dan Rabou dikenal sebagai Dewa Bencana. Pokoknya masing-masing dari mereka memiliki perannya tersendiri. Nah, dewa yang disebutkan tadi itu ceritanya udah saling kenal satu sama lain. Bahkan, Bishamon keliatannya memiliki sebuah dendam pada Yato. Karena dia sempat menyerang Yato. Dan Rabou juga terlihat bertarung dengan Yato.





Dewa dan dewi yang udah aku sebutkan tadi, punya masing-masing harta suci. Dan Bishamon terlihat sebagai dewi yang punya harta suci paling banyak. Dan dari harta suci milik Bishamon itu, ternyata ada yang ganteng eh. Namanya Kazuma. Hihihi... 😁 Oke, oke. Sebenarnya ada beberapa harta suci yang paling menarik perhatianku. Mereka adalah Yukine, Kazuma, Nora, Kokki, dan Tomone.

Pertama adalah Yukine. Yukine adalah harta suci milik Yato yang baru. Dan dia ini termasuk ke dalam karakter favoritku di anime ini setelah Yato. Jadi awalnya mereka bisa ketemu itu, pas Yato lagi berusaha melawan siluman. Karena pas malam itu, Yato ga punya harta suci. Jadi dia agak kesulitan buat melawan silumannya (Untuk mengalahkan siluman, biasanya dibutuhkan harta suci). Makanya, si Yato mulai mencari harta suci yang baru. Dan akhirnya dia bisa ketemu sama Yukine. Walaupun kelihatannya, si Yato ini agak terpaksa. Karena ngeliat Yukine itu masih berada di usia remaja yang sukanya labil gitu deh.



Hmm... Menurutku, wajahnya Yukine itu super imut. Tapi jangan salah! Meskipun punya wajah yang super imut, kelakuan si Yukine ini, kayaknya jauh banget dari kata imut. Asli deh! Dia itu nyebelin dan songong banget. Bahkan dia juga sering menghina dan berdebat dengan Yato. Ampun deh! Dewa sama harta sucinya malah ga bisa akur -_-




Selanjutnya adalah Kazuma. Jadi Kazuma ini harta suci milik Dewi Perang Bishamon. Sebenarnya ada suatu hal yang mampu membuat aku penasaran dari sosok Kazuma ini. Karena, walaupun Bishamon terlihat sangat membenci Yato. Kazuma ini baik banget sama Yato. Dia bahkan diem-diem ikut ritual penyucian Yukine demi menyelamatkan Yato.



Dan... Di antara sekian banyaknya harta suci yang nongol disini, ada seorang harta suci yang sukses bikin aku kesel. Siapakah dia? Itu loh si Nora. Dulunya, dia ini harta suci milik Yato. Uhm... Sebenarnya sekarang dia juga masih jadi harta suci milik Yato. Tapi... Karena Nora itu punya banyak tuan dan nama. Makanya Yato terlihat malas untuk berurusan sama dia. Nora itu jahatnya minta ampun deh. Semacam suka menjerumuskan orang lain ke arah yang ga bener. Bikin gemes deh pokoknya! -_-



JALAN CERITA

Seluruh kisah bermula, pada saat Yato bersama dengan harta sucinya yang bernama Tomone, membasmi siluman di sebuah sekolah. Namun, setelah selesai membasmi siluman tersebut. Ternyata, Tomone ingin segera memutuskan kontraknya dengan Yato. Hal ini terjadi, karena Tomone merasa sudah tidak sanggup lagi untuk menjadi seorang harta suci milik Dewa Yato. Baiklah! Ini baru mulai aja, adegannya udah bikin ketawa 😂




Akhirnya dengan sangat terpaksa, Yato pun memutuskan kontraknya dengan Tomone. Sehingga Yato pun tidak lagi memiliki harta suci. Duh... Kasian banget si Yato. Padahal menurut Yato, dewa tanpa harta suci itu ibarat kayak ga punya pertahanan sama sekali. Karena harta suci itu merupakan senjata bagi para dewa. Makanya dia ga bisa menyerang siluman tanpa harta suci.

Nah, karena Yato ga punya harta suci. Dia akhirnya mulai menyebarkan nomor teleponnya lagi. Yah... Mungkin daripada dia nganggur. Mending cari pesanan. Lumayan, dikit juga yang penting bisa nabung buat bikin kuil. Iya kan? 😁😁😁




Setelah usaha kerasnya untuk menyebarkan nomor teleponnya. Akhirnya, Yato pun mendapatkan sebuah permintaan untuk menemukan seekor kucing. Jujur aja. Pas pertama kali nonton, aku ga begitu paham dan ga sadar. Aku pikir si Ue-sama itu, kucing peliharaan milik dewa lain (mengingat Yato itu kan seorang dewa). Tapi akhirnya aku sadar, kalo Ue-sama itu kucing peliharaan milik seorang manusia.

Nah dari sini, akhirnya Yato bisa bertemu dengan seorang gadis SMA (dia manusia) bernama Iki Hiyori. Bahkan nantinya, Yato itu jadi temenan sama Hiyori.

Lalu kenapa Yato bisa jadi kenal dekat sama Hiyori?

Jadi, pas Yato lagi asik mencari kucing bernama Ue-sama tadi. Hiyori sama teman-temannya kebetulan juga ada di sekitar lokasi pencarian tersebut. Nah, Hiyori yang lagi merhatiin si Yato. Ternyata ngeliat Yato yang tiba-tiba menyebrang jalan dengan santainya untuk nyamperin si Ue-sama. Padahal saat itu, ada sebuah mobil yang sedang melaju cepat. Si Hiyori ini berniat untuk menyelamatkan Yato dari kecelakaan. Yato sih baik-baik aja. Tapi, tidak dengan Hiyori. Rohnya Hiyori justru terpisah dari tubuhnya. Serius! Ini aku pikir si Hiyori udah meninggal -,-




Tapi ternyata, Hiyori pun selamat. Hanya saja, kejadian ini justru membuat roh Hiyori menjadi sering terpisah dari tubuhnya. Kalau rohnya lagi terpisah, Hiyori jadi keliatan kayak punya ekor. Dan menurut Yato, ekor Hiyori itu adalah tali kehidupan yang menyambungkan raga dan jiwanya. Jika tali itu terpotong, maka Hiyori akan mati.


Nah... Dari sini nih, Hiyori mulai sering ngikutin si Yato. Kenapa? Tentu aja. Karena Hiyori telah memberikan Yato koin 5 yen, dengan permintaan untuk menyembuhkan dirinya. Disini menurutku, Yato agak menyebalkan. Soalnya, si Yato menerima begitu aja permintaan Hiyori. Padahal dia sendiri gatau, gimana caranya untuk menyembuhkan Hiyori. Ya... Maklum deh. Demi mewujudkan semua impiannya, Yato akan selalu berusaha untuk menerima dan mengabulkan permohonan manusia. Wkwk... 😂


Jujur aja. Walaupun, anime ini suka bikin aku ketawa. Tapi pada kenyataannya, anime ini juga suka bikin aku baper. Hiks... Terutama untuk adegan dimana Yato terkena kutukan parah, karena kelakuan Yukine yang kelewatan.

Jadi ceritanya, dewa itu bisa terkena kutukan. Kalau harta sucinya berbuat hal-hal buruk. Karena harta suci itu dulunya adalah manusia. Makanya mereka bisa aja berbuat hal-hal yang buruk.



Sebetulnya, Yato udah berkali-kali bilang soal ini ke Yukine. Tapi bocah itu, keras kepala banget dan ga pernah mau dengerin omongannya Yato. Bahkan dia tetap aja ngelakuin hal-hal buruk yang bikin kutukan yang ada di dalam tubuh Yato jadi semakin parah. Dia pun keliatannya ga terlalu peduli, disaat Yato udah sekarat dan hampir aja mati karena perbuatannya itu.

Sebetulnya kutukannya itu bisa hilang, kalau aja Yato bersedia untuk melepaskan kontrak atau bahkan membunuh Yukine. Tapi kenyataannya Yato itu selalu menolak, meskipun kelakuan si Yukine kayak gini. Jadi... Seperti yang aku katakan sebelumnya. Meskipun Yato itu terkenal sebagai dewa bencana dan kadang kelakuannya agak ga beres. Menurutku, sebetulnya Yato itu memiliki kepribadian yang baik dan memiliki sisi yang lembut di dalam dirinya. Coba aja perhatikan! Yato itu sebenernya sayang banget sama Yukine. Tapi emang Yukine aja yang suka salah paham. Dasar! Ini kenapa keliatannya Yukine jadi lebih kejam daripada si Nora ya?! -_-


Dan bagian yang bikin miris lainnya adalah ketika Hiyori lupa semua tentang Yato dan Yukine. Akhirnya, Yato dan Yukine pun berusaha untuk mengembalikan ingatan Hiyori dengan berbagai macam cara. Dimulai dari mengulang semua kejadian yang telah dilakukan bersama-sama. Bahkan Yato sampai menggambarkan semua kejadian itu di buku. Tapi semua usahanya itu, kayaknya sia-sia aja. Karena Hiyori sama sekali ga inget tentang Yato dan Yukine. Oke, sebenarnya ini emang kerjaannya Nora. Tapi aku jadi kesel dan greget sendiri nontonnya -_-

Sebenarnya ada beberapa adegan yang lumayan bikin greget juga. Yaitu, pertarungan antara Yato dan Bishamon. Serta pertarungan antara Yato dan Rabou. Tapi dibandingkan pertarungan antara Yato dengan Bishamon. Menurutku, untuk di season ini, jauh lebih seru untuk pertarungan yang terjadi di antara Yato dengan Rabou (apalagi dengan adanya Nora). Kenapa? Karena menurutku, pertarungan antara Yato dengan Bishamon itu kesannya nanggung banget. Ya, maklum. Mereka digangguin sama Kofuku dan Kokki -_-

ENDING

Untuk season pertama, mungkin dapat disebut dengan happy ending? Karena Yukine udah sadar tentang kelakuan buruknya selama ini. Dan akhirnya ingatan Hiyori tentang Yato dan Yukine bisa kembali. Perang diantara Yato dan Rabou juga udah selesai. Tapi untuk konflik diantara Yato dan Bishamon, aku anggap belum selesai. Karena sebenarnya cerita akan berlanjut ke season berikutnya, yaitu Noragami Aragoto.

OST NORAGAMI

Lagu pembuka anime ini dinyanyikan oleh Hello Sleepwalkers dengan judul Goya no Machiawase (ćˆć€œăźćŸ…ăĄćˆă‚ă›).

Dan lagu penutupnya dinyanyikan oleh Tia dengan judul Heart Realize (ăƒăƒŒăƒˆăƒȘă‚ąăƒ©ă‚€ă‚ș).

Jujur. Entah kenapa, kalau nonton anime Noragami, aku itu suka pake banget sama video pembukanya 😎





QUOTES
"Kau tidak boleh menilai orang dari penampilannya saja!" (Yato).
"Meski saat sulit dan menyakitkan, orang-orang harus tetap menghargai arti sebuah kehidupan" (Yato).
"Sesuatu yang benar-benar kau inginkan melebihi uang. Sekarang kau sadar bahwa itu takkan bisa kau dapatkan" (Yato).

KESIMPULAN

Kesan pertama yang muncul, saat aku mulai menonton anime ini adalah "Wah... Animenya lucu dan juga sangat menarik". Jujur aja. Hampir di setiap episode, kalau ada adegan komedi di anime ini, selalu sukses bikin aku ketawa. Apalagi kalo udah ngeliat kelakuan sang karakter utama yang sangat luar biasa (read: Yato).

Jadi intinya sih... Aku suka banget sama anime Noragami ini. Bisa dibilang kalau anime ini masuk ke dalam daftar salah satu anime favoritku. Untuk karakter favoritku di anime ini ada dua, yaitu Yato dan Yukine. Tapi kalau disuruh untuk pilih salah satu, aku lebih pilih Yato 😁 Anime ini aku rekomendasikan banget! Khususnya untuk kalian yang sedang mencari anime action, supernatural dan comedy. Selain itu, banyak banget hal positif yang bisa diambil buat pelajaran dari anime ini. Untuk score yang aku kasih buat anime ini, bisa dilihat melalui akun MAL aku di @natsumi08

Baiklah! Sebetulnya aku masih mau lanjut review sampai ke Noragami OVA dan Noragami Aragoto. Tapi... Karena sepertinya, tulisanku ini udah banyak. Jadi aku pikir, cukup sampai disini saja untuk review anime Noragami! Mungkin anime Noragami yang lainnya akan dibahas lain waktu.

Oh iya! Kalau ada yang ingin kalian tanyakan, bisa langsung lewat komentar ya! ^^ Dan untuk postingan berikutnya. Aku udah siapkan beberapa draft dan saat ini masih dalam proses. Tapi, kalau nanti udah kelar. Akan aku publish secepatnya kok! 😂

Jadi... Sampai jumpa di postingan berikutnya ya! ^^

Sumber : MyAnimeList

Share this:

Newest Post
Disqus Comments